07 December 2013

Ngidam Buku Programming Absurd


Entah kenapa sejak mengenal dunia komputer pertama kali, khususnya dunia programming saya belum pernah menemukan satu bukupun tentang programming yang tidak membosankan. Mulai dari buku Algoritma dan Pemograman Dasar, MySQL, HTML5, Data Mining, PHP hingga HTML semuanya terkesan garing dan membosankan, bener gag? Terutama buat mahasiswa informatika nih,, ooiiii mana suaranya? Hehe… Ini curhatan tentang kaliaann lohhh…
Mulai dari bahasa yang kaku dan supeerr duperr monoton ditambah lagi dengan kodingan yang membuat mata saya terkadang lebih memilih melihat semut yang lagi berantem dibanding kodingan yang bikin mata sakit kaya ditusuk bambu runcing yang digunakan pasukan Panglima Sudirman dulu.  Hehe gag nyambung ya… Ya tapi memang realitanya begitu sob, susaaahh banget nyari buku yang bisa buat kita betah lama – lama baca dan belajar kodingan, pengennya ada buku yang buat saya kaya baca novelnya Dee atau Tere Liye sehingga betah berjam – jam ngebacanya, bahkan sampai lupa makan dan diam – diam ternyata negara api akhirnya menyerang #eehh.
Kadang saya malah berfikir, ini memang sudah takdirnya anak – anak informatika untuk pasrah dan menerima keadaan ini. Mungkin ini salah satu ujian kesabaran dan pembuktian seberapa serius kita untuk menuntut ilmu. Semakin kita kuat untuk tahan belajar dan membacanya, semakin kita tahan untuk tidak tertidur di halaman awal buku tersebut atau semakin kita tahan melihat bahasa kodingan yang bahkan belum ada kamusnya ini (coba aja cari di gramedia, pasti gag ada kamus bahasa PHP, HTML atau C pasti gag akan ketemu. Percaya deh!), maka akan semakin diakui sebagai dewa kodingan lah kita :D.
Hal ini juga kadang yang menyebabkan kami (anak informatika) lebih senang nyari tutorial di internet dibanding di buku. Selain karena lebih enak karena bisa sambil facebookan atan twitteran, internet jauh lebih praktis dan efisien, tinggal googling langsung dapet deh, malah kalau beruntung udah langsung jadi tuh programnya.. Ya .. tinggal pake jurus pamungkas, Ctrl+C lalu Ctrl+V taraaaaaa… langsung jadi dah tuh program, senaaanngnya bukan main… lanjut lagi facebookan dan twitterannya #eh…
Alasan lainnya, karena kita memang gag pernah baca buku tentang kodingan itu, sehingga gag tau isi buku itu apa, ada gag permasalahan yang kita cari di buku itu, kira – kira kalau nyari bakal ketemu atau gag dan gag tahu juga ada di halaman mana. Nah semua ini jadi pertimbangan yang akhirnya membuat buku – buku kodingan tadi tergeletak tak berdaya di rak buku dan masih suci dari sentuhan sang pemiliknya dan sangat sempurna menjadi salah satu hiasan kamar.
Mungkin hal ini dapat menjadi pertimbangan para dosen, master dan professor serta para penulis buku kodingan untuk kembali insyaf dari membuat tutorial atau buku yang membuat kodingan yang sulit semakin sulit dipahami oleh mahasiswa dan pembacanya. Bahkan kadang muncul ide, kenapa gag saya aja yang buat buku kodingan yang “sedikit kreatif” hehe, kali aja laku kan sob, setidaknya udah berani tampil beda, ya gag? Kalau inget kata – katanya Yoris di bukunya Creative Junkies, “We need to be creative”- Kita harus menjadi pribadi yang kreatif- karena kreatifitaslah yang akan membuat kinerja otak kita menjadi maksimal. Ya gag? :D

Ide saya sih, gag usah ribet-ribet sampai harus buat gambar yang banyaaakk disetiap halamannya nanti malah jadi komik hehe, tapi cukup gunain permainan bahasa yang lebih “friendly” bagi pembaca, sedikit hiasan dan kreatifitas di halaman – halaman, serta kalau bisa ada sedikit animasi. Insya Allah ini akan sedikit membuat belajar programming menjadi lebih menyenangkan :D. Kalau butuh referensi buku yang gag ngebosenin tapi “berisi” coba cek buku “Kreatif Sampai Mati” karya Wahyu Aditya, atau “Creative Junkies” karya Yoris Sebastian, “Kitab Anti Bangkrut” karya Jaya YEA, atau buku – buku karya Ippho santosa. Semoga dunia informatika Indonesia semakin cerah di masa depan, dan tidak hanya menghasilkan para autis – autis yang betah di depan laptop tapi juga para pemikir kreatif untuk bangsa dan negara ini. Likeeee (y)..

0 comments:

Post a Comment